Depan > Index Berita > BKKBN MALUT CANANGKAN 8 KAMPUNG KB DI TERNATE
BKKBN MALUT CANANGKAN 8 KAMPUNG KB DI TERNATE
Selasa, 15 Agustus 2017

​BKKBN-MALUT: Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Maluku Utara (Malut), Senin (14/8) mencanangkan delapan Kampung KB di delapan Kelurahan di delapan Kecamatan di Kota Ternate.
Delapan Kelurahan tersebut di antaranya Kelurahan Lelewi, Kecamatan Pulau Batang Dua. Kelurahan Moti, Kecamatan Pulau Moti. Kelurahan Tafraka, Kecamatan Pulau Hiri. Kelurahan Loto, Kecamatan Ternate Barat. Kelurahan Moya, Kecamatan Ternate Tengah. Kelurahan Tubo, Kecamatan Ternate Utara. Kelurahan Bastiong Karance, Kecamatan Ternate Selatan. Dan  Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate.

pencanangkan kampung KB di Ternate.jpg
 
Kegiatan yang dipusatkan di Keluuarahan Moya itu, juga disertakan dengan pelayanan KB gartis bagi masyarakata setempat, Pelayanan kesehatan dasar, baca buku gratis. Penyerahan bantuan PPKBD, Pembinaan Kelompok Kegiatan BKB, BKR dan BKL. Turut hadir kegiatan tersebut Walikota Ternate DR Burhan Abdurrahman yang diwakili oleh Wakil Walikota Ternate, Abdullah Taher, Kepala BKKBN Malut, Drs Putut Riyatno, M.Kes yang diwakili oleh Sekretaris BKKBN Malut, Samad Senen, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Hj Nurbaity Radjabesy, Forkompinda Kota Ternate dan Puluhan Masyarakat setempat.
Walikota Ternate DR Burhan Abdurrahman yang diwakili oleh Wakil Walikota Ternate, Abdullah Taher dalam membuka kegiatan tersebut menjelaskan, program kampung KB yang dilakukan oleh Pemerintah saat ini merupakan miniatur  pelaksanaan program KB yang diatur secara terpadu dan komprensif yang diharapkan akan mampu mengatasi permasalahan lemahnya implementasi kependudukan dan ketahanan keluarga sehingga dapat terlaksana tepat waktu dan tepat sasaran. “Karena itu saya mengharapkan dukungan komitmen serta partisipasi aktif dari SKPD dan lintas sektor terkait untuk bisa saling berkordinasi dan bekerja sama dengan Dinas Penegendalian Penduduk dan Keluarga Berencana agar dapat memberikan kontribusi nyata secara berkelanjutan kepada masyarakat yang wilayahnya dibentuk Kampung KB,” harapnya.
Sementara Kepala BKKBN Malut, Drs Putut Riyatno, M.Kes yang diwakili oleh Sekretaris BKKBN Malut, Samad Senen, SH mengatakan, pencanangan Kampung KB ini telah diawali secara nasional pada 2016 lalu yang dilakukan oleh Persiden di Jawa Tengah. Kemudian dilakukan juga pada tingkat Provinsi di 10 Kabupaten Kota, dan di Ternate sendiri pada tahun lalu telah dilakukan di  Kelurahan Afetaduma dan tahun ini dilanjutkan di delapan Kelurahan. “Dari 10 Kabupaen Kota sudah kurang lebih 100 Kecamatan yang telah dicanangkan,” katanya.
Dia menambahkan, serlain di Ternate pekan kemarin BKKBN juga canangkan Kampung KB di Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Pulau Taliabu. Dan ketika pencanangan Kampung KB pada tahun 2017 selesai, akan juga dilanjutkan pada tahun 2018 hingga 2019. “Sebab BKKBN memiliki tugas untuk menjalan Kampung KB sebagai salah satu program prioritas Kabinet Jokowi-JK yang diterjemahkan melalui nawacita,” pungkasnya. (humas).