Depan > Index Berita > Membangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan
Membangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan
Kamis, 27 Juli 2017

​BKKBN-MALUT: Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar upacara perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-24 Tahun 2017 Tingkat Provinsi Malut di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

 DSC_0972.JPG

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Asombang Labuha, Selasa (25/7) itu dirangkaikan dengan beberapa kegiatan di antaranya, Penandatanganan Deklarasi Bacan Oleh Sepuluh Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Malut, Penandatanganan berita acara serah terima PLKB/PBK oleh Gebernur Malut, KH. Abdul Gani Kasuba serta penyerahan SK secara simbolis, dan penyerahan bantuan alat kesehatan berupa IUD, KIT, dan Implan dari BKKBN Malut ke Puskesmas Bisui dan Maffa. Kegiatan itu juga dimeriahkan oleh tarian Kolosal dari siswa-siswi SD dan SMP, serta Atraksi Drum Band dari Pemkab Halsel.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN RI, DR Wendi Hartanto, Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba, Kapolda Malut, Brigjenpol Ahmad Juri, Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, Walikota Tidore, Capt. Ali Ibrahim, Wakil Walikota Ternate, Abdullah Taher, Kepala Perwakilan BKKBN Malut, Drs. Putut Riyatno, M.Kes, Ketua DPRD Sula, Ismail Karie, Forkompinda Halsel, Kepala-kepala OPD KB Kabupaten/Kota di Malut, delegasi PLKB dari Kabupaten/Kota dan ratusan masyarakat Halsel.
Pada kesempatan itu, Ketua Panitia, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Malut, Hi Foniah Kasuba mengatakan, Harganas kali ini dengan semangat memperbaiki keluaraga untuk lebih berkualitas sebagai pilar membangun karakter bangsa untuk Indonesia mandiri. “Untuk itu membangun keluarga dengan empat konsep yakni, keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, dan keluarga peduli,” jelasnya.
Bupati Halsel, Bahrain Kasuba mengucapkan, terima kasih atas dipercayakan Halsel sebagai tuan rumah Harganas ke-24 2017 sebab, itu sebagai penghargaan tersendiri, selain itu Pemda dapat mempromasikan potensi prawisata yang ada di Halsel.
Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba mengharapkan, kegiatan yang bertema Dengan Hari Keluarga Nasional, Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan itu, sebagai pemicu bagi masyarakat Indonesia untuk dapat terus-menerus meningkatkan ketahanan keluarga, sehingga dapat melahirkan generasi yang berkualitas. Sebab keluarga memiliki peran paling penting dalam membangun suatu bangsa untuk semakin kuat, mandiri dan tangguh. “Karena itu keutuhan keluarga harus dijaga dengan baik, karena ketangguhan keluarga akan meningkatkan kualitas setiap anggota seluarga, sehingga mereka dapat berkarya dengan baik dan mewujudkan keluarga yang sejahtera mandiri dan bahagia,” katanya.
Sementara Deputi Penegendalian Penduduk BKKBN RI, DR Wendi Hartanto mengharapkan, semoga Harganas kali ini dapat menjadikan pemersatu program yang menjadi daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, Kementrian/Lembaga, Tim Penggerak PKK dan Pemerintah Daerah. “Bentuk nyata dari sinergi tersebut yakni memperdayakan masyarakat Desa dengan pelembagaan kampng KB sebagaimana telah dicanangkan oleh Presiden RI,” terangnya.
Sekedar diketahui sebagai rangkaian kegiatan tersebut, sebelumnya BKKBN Malut bekerja sama denga Pemda Halsel telah menggelar beberapa kegiatan di antaranya Pelayanan KB, Pelatihan Teknis Program KKBPK bagi PLKB/PKB Tingkat Provinsi Malut, Jalan Sehat serta bagi-bagi hadiah untuk peserta jalan sehat, Lomba Tarian Daerah Cakalele, Lomba Lari Karung, Lomba tarik Tambang, Foly Ball dan Jambore Pusat Informasi Konseling (PIK). (humas)